Cara Efektif Hentikan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur

Cara Efektif Hentikan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur

Mendengkur merupakan suatu gangguan saat tidur. Hal ini menyebabkan tidur orang di sekitar tidak nyaman karena suara yang ditimbulkan. Selain itu, suara dengkuran yang sangat keras diduga juga mampu meningkatkan resiko penyakit seperti stroke, penyakit pernapasan dan penyakit jantung. Dengkuran saat tidur ditengarai disebabkan oleh beberapa hal, seperti kelebihan berat badan, riwayat keluarga, mempunyai amandel besar yang dapat mempersempit jalan pernapasan, atau mengonsumsi minuman beralkohol.

Nah, berikut ini kami bagikan beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menghentikan kebiasaan mendengkur:

1. Ubah posisi tidur

Mendengkur seringkali dialami saat tidur terlentang. Hal ini disebabkan karena pangkal lidah bersinggungan dengan tenggorokan dan menimbulkan masalah pernapasan berupa timbul dengkur. Sehingga disarankan bagi orang yang sering mendengkur untuk memilih posisi tidur menyamping.

2. Tinggikan posisi kepala

Posisi tidur dengan bantal yang lebih tinggi juga disebut dapat mengurangi dengkur. Hal ini disebabkan karena posisi bantal yang lebih tinggi atau sesuai dengan ketinggian badan Anda dapat memperlancar pernapasan. Cara yang lebih sederhana yaitu dengan menopang tubuh bagian atas menggunakan bantal.

3. Melatih lidah dan tenggorokan

Melatih lidah dan tenggorokan disebut dapat mengurangi dengkuran yaitu dengan cara melakukan senam mulut sederhana.
  • Dorong ujung lidah ke langit-langit dengan gerakan maju mundur sebanyak 20 kali
  • Menghisap lidah ke arah atas (langit-langit mulut) hingga 20 kali
  • Dorong bagian belakang lidah ke arah bawah sambil menjaga ujung menyentuh bagian dalam gigi depan sebanyak 20 kali
  • Buka mulut lebar dan angkat langit-langit mulut dan uvula sembari mengatakan ‘A’ sebanyak 20 kali Tekan otot pipi sebanyak 10 kali pada setiap sisi dengan menggunakan jari telunjuk
  • Saat makan atau menggigit makanan, angkat lidah ke langit-langit mulut selama beberapa kali

Ulangi tahapan ini secara rutin, penelitian mengenai metode ini dipublikasikan dalam jurnal CHEST.

4. Menghirup Uap

Menghirup uap dapat membersihkan dan mengurangi pembengkakan pada hidung serta meredakan hidung tersumbat. Lakukan dengan cara menampung air panas dalam mangkuk dan letakkan kepala Anda di atas mangkuk tersebut sambil ditutup dengan handuk dan hirup ulang perlahan. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan minyak esensial ke dalamnya.

5. Hindari Alkohol dan Obat Penenang

Alkohol dan obat penenang dapat membuat otot-otot lidah dan tenggorokan semakin rileks, sehingga meningkatkan kemungkinan mendengkur. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi alkohol tiga sampai lima jam sebelum tidur.

6. Turunkan berat badan

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan beragam gangguan saluran pernafasan. Lemak di sekitar leher dapat menyebabkan tenggorokan menyempit saat berbaring dan menghasilkan dengkuran saat tidur. Untuk itu, lakukan olahraga untuk mengurangi berat badan. Berolahraga juga dapat membuat tidur lebih nyenyak.

7. Ganti bantal dan matras

Mendengkur dapat disebabkan oleh alergi pada debu atau tungau yang ada pada bantal dan matras. Sebaiknya jaga kebersihan bantal dan matras yang digunakan saat tidur. Serta gantilah bantal dan sarung bantal secara rutin. Pilihlah pula kasur atau springbed yang berkualitas agar tidur Anda dapat lebih nyenyak dan menghindarkan dari dengkur atau sakit pinggang.

8. Tidur yang cukup

Tidur adalah hal yang sangat vital untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Oleh sebab itu, pastikan untuk memberikan waktu tidur yang cukup. Tidur yang cukup dapat membantu tubuh siap untuk menjalani aktivitas seharian dan tidak akan mendengkur di malam hari.
Demikian beberapa tips untuk menghindarkan kebiasaan mendengkur, semoga dapat bermanfaat. Jika Anda mencari springbed berkualitas untuk meningkatkan kualitas tidur, temukan di SP Mattress Surabaya. Tersedia beragam jenis dan fungsi springbed yang disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda.



Sumber: www.cnnindonesia.com

Hampir setiap orang pernah mengalami sakit punggung secara t...

Setelah seharian beraktivitas, umumnya manusia membutuhkan i...

Saat seseorang terlelap, terdapat banyak hal yang terjadi di...

Saat sedang nyenyak tidur atau bermimpi, tiba-tiba Anda mera...

Send Message