Cara Cepat untuk Tidur Atasi Insomnia

Cara Cepat untuk Tidur Atasi Insomnia

Setelah seharian beraktivitas, umumnya manusia membutuhkan istirahat yang cukup agar dapat re-charge energi dan bugar kembali. Namun tak sedikit dari kita yang kesulitan untuk tidur walaupun sudah berusaha untuk tidur selama berjam-jam.

Padahal beberapa jam atau menit sebelumnya kita merasa sangat lelah dan hanya ingin tidur. Namun saat sudah berada di tempat tidur, kita sama sekali tak bisa tidur. Bahkan terkadang kita telah mencoba berbagai cara, termasuk memejamkan mata erat-erat ataupun berganti posisi tidur.

Namun anehnya, cara tersebut sama sekali tak membuahkan hasil. Jam terus berlalu dan kita mulai panik karena waktu tidur semakin sedikit. Ya, demikian adalah beberapa hal yang dialami oleh penderita insomnia.

Anda tentu tidak ingin terus-menerus insomnia, hingga mengganggu kinerja Anda sehari-hari. Oleh karena berikut ini SP Mattress bagikan cara untuk tidur dengan cepat untuk atasi insomnia:

• Menurunkan temperatur ruangan

Saat tidur, temperatur tubuh akan berubah. Temperatur inti tubuh akan berkurang sementara temperatur tangan dan kaki akan meningkat. Jika temperatur ruangan terlalu hangat, maka Anda mungkin akan kesulitan untuk tidur.

Mengatur temperatur sekitar 15-23°C dapat membantu Anda tidur lebih cepat. Walaupun demikian pada individu tertentu dapat bervariasi, oleh karena itu silahkan menentukan temperatur yang terbaik untuk tubuh Anda.

Selain itu mandi dengan air hangat sebelum tidur juga dapat membantu mempercepat perubahan temperatur badan. Setelah temperatur badan menurun, hal ini dapat memberikan signal pada otak untuk segera tidur.

• Membuat jadwal tidur yang teratur

Tubuh memiliki sistem regulasi tersendiri yang disebut dengan ritme sirkadian. Jam internal ini dapat memberikan tanda pada tubuh untuk terjaga di siang hari dan tidur di malam hari. Bangun tidur dan tidur pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu jam internal tubuh senantiasa pada jadwal rutinnya.

Jika tubuh telah menyesuaikan dengan jadwal tersebut maka akan lebih mudah pula untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Selain itu, perlu pula tidur dari tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Durasi tidur optimal bagi orang dewasa.

Anda juga dapat memberikan sekitar tiga puluh hingga satu jam untuk mempersiapkan diri sebelum tidur. Hal ini dapat membantu tubuh dan pikiran tenang dan siap untuk tidur.

• Perlakuan ruangan dan pencahayaan

Cahaya dapat mempengaruhi jam internal tubuh, yang berperan dalam regulasi tidur dan kesadaran. Oleh karena itu, jika Anda kesulitan tidur, ada baiknya untuk mencoba mengganti perlakuan pada pencahayaan ruangan Anda. Jika Anda kesulitan tidur pada lampu menyala sebaiknya mematikan lampu atau pencahayaan ruangan dan sebaliknya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak esensial dari aromaterapi dapat membantu relaksasi dan mempermudah tidur. Beberapa jenis aroma yang disarankan yaitu lavender dan damask rose.

• Jangan melihat jam

Saat kesulitan tidur, terkadang kita menjadi tidak tenang dan berusaha melihat jam untuk memastikan waktu yang tersisa untuk tidur. Celakanya hal tersebut justru membuat diri Anda semakin panik dan tidak dapat tidur.

Terbangun di malam hari adalah hal yang wajar. Namun demikian tidak dapat kembali tidur dapat merusak jadwal tidur Anda.

• Hindari tidur siang

Karena kekurangan tidur di malam hari, umumnya orang dengan insomnia akan mengantuk di siang hari dan memutuskan untuk tidur siang. Jika tidur siang dilakukan dalam waktu singkat, hal ini mungkin dapat meningkatkan kewaspadaan dan kebugaran. Namun demikian, dalam sebuah studi disebutkan bahwa tidur siang juga dapat memicu kesulitan tidur malam.

• Perhatian makanan yang dikonsumsi

Makanan yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan untuk menghindari kesulitan tidur. Sebagai contoh, makanan dengan karbohidrat tinggi dapat mengganggu tidur. Sebaliknya makanan dengan lemak tinggi dapat mempermudah tidur lebih nyenyak.

Jika ingin mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi sebaiknya, konsumsi paling tidak empat jam sebelum tidur sehingga cukup waktu untuk mencerna.

Selain itu sebaiknya juga kurangi kafein. Konsumsi kafein umumnya digunakan untuk melawan rasa letih. Namun demikian zat ini diketahui juga dapat mengganggu tidur. Oleh karena itu, untuk Anda yang memiliki masalah tidur sebaiknya mengurangi konsumsi kafein. Sebaliknya konsumsi minuman yang dapat menenangkan seperti teh chamomile, atau susu hangat.

• Menggunakan metode bernapas 4-7-8

Metode ‘4-7-8’ adalah metode sederhana namun ampuh untuk menenangkan dan merelaksasi. Terdiri atas pola bernapas yang merelaksasi sistem syaraf, hal ini dapat dipraktekkan kapanpun jika marah atau tegang.
  1. Letakkan ujung lidah di belakang gigi depan.
  2. Keluarkan napas sepenuhnya melalui dan buatlah suara mendesing.
  3. Tutup mulut dan hirup melalui hidung sambil berhitung hingga empat.
  4. Tahan napas dan hitung hingga tujuh.
  5. Buka mulut dan hela napas sepenuhnya, buatlah suara mendesing dan hitung hingga delapan.
  6. Ulangi cara di atas paling tidak tiga kali.
Teknik tersebut dapat membantu tenang dan tidur dengan cepat.

• Membuat jurnal

Dalam beberapa kasus, kesulitan tidur dapat dikarenakan pikiran terus-menerus bekerja. Sehingga menyebabkan rasa tegang dan stress, yang mana dapat menghasilkan emosi negative dan mengganggu tidur.

Oleh karena itu, disarankan untuk membuat jurnal dengan menuliskan hal-hal baik yang terjadi di siang hari sehingga menciptakan rasa bersyukur dan bahagia. Agar menurunkan tingkat stress dan memudahkan relaksasi sebelum tidur.

• Menyamankan diri

Menonton TV dan menggunakan telepon seluler dapat mempersulit tidur. Oleh karena itu disarankan untuk mematikan semua alat elektronik sebelum tidur. Sebaliknya, jika Anda ingin, bisa membaca buku cetak dengan topik yang tidak terlalu serius.

Selain itu, untuk matras dan alas tidur sangat disarankan menggunakan yang nyaman. Karena dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan beristirahat dengan nyenyak. Jenis matras medium-firm diketahui dapat mengurangi ketidaknyamanan pada otot dan membantu tidur.
Untuk Anda yang mencari matras berkualitas untuk membantu meningkat kualitas tidur Anda, SP Mattress menghadirkan ragam pilihan spring bed dari merk ternama, seperti King Koil, Serta, Comforta, Florence, dan masih banyak lagi.



Sumber: www.healthline.com

Dapatkan Spring Bed Berkualitas untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Keluarga Anda hanya di SP Mattress!


Tidur sebagai salah satu upaya tubuh mengembalikan performa ...

Untuk memperoleh ruang tinggal yang nyaman, keterbatasan rua...

Untuk menurunkan berat badan, umumnya orang akan terpaku pad...

Tidur memegang peran penting dalam kehidupan manusia, sebaga...

Send Message